Buku-buku Fiksi yang Laris Sepanjang Zaman

BUKU FIKSI apa saja yang menjadi best-seller atau paling laris sepanjang masa? Banyak sekali tentu saja tapi tak banyak yang bisa bertahan sampai beberapa generasi. Dua judul yang sangat digandrungi di dunia dan terus memetik penjualan adalah kisah detektif Hercule Poirot karya Agatha Christie. Hingga kini penjualannya melampaui judul fiksi atau nonfiksi lainnya.

Buku-buku laris sepanjang masa masih digemari pembaca.

Buku kedua yang mengguncang dunia dengan penjualan konsisten dan jutaan kopi adalah judul-judul gubahan William Shakespeare dari Inggris. Karyanya rata-rata punya penggemar luas di seluruh dunia, terutama untuk karya berbentuk puisi. Drama-drama Shakespeare juga mumpuni, seperti The Tempest dan Hamlet. Muatan pesannya selalu relevan dengan kondisi zaman sehingga terus diburu dan dibaca hingga generasi masa kini.

Baik Shakespeare maupun Agatha Christie, buku-buku mereka terjual setidaknya 4 miliar kopi di seluruh dunia yang menandakan publik masih menggemari kedua karya fiksi ini.  

Pengarang buku fiksi berikutnya yang karyanya laris manis di dunia adalah Barbara Cartland, novelis prolifik asal Inggris yang menggubah buku berisi romansa atau drama percintaan. Ada 723 judul buku karyanya yang diterjemahkan ke dalam 38 bahasa di seluruh dunia yang menangguk penjualan hingga 1 miliar eksemplar.

Danielle Steel berada di posisi berikutnya sebagai penulis yang buku fiksinya laku keras, hingga terjual setidaknya 800 juta eksemplar. Penulis asal Amerika ini telah menulis 179 buku dengan 146 di antaranya berupa novel.

Pada daftar buku-buku laris ada juga nama-nama yang tak asing seperti Enid Blyton yang sukses dengan buku anak yang mengantarnya meraup penjualan hingga 600 juta eksemplar di seluruh dunia.

Lalu ada Sidney Sheldon si master storyteller asal Amerika yang juga menggeluti dunia penyutradaraan dan bergerak sebagai produser film. Buku-buku suspense karyanya banyak diburu pembaca di dunia bahkan hingga kini, mencapai 600 juta kopi yang terjual. 

J.K. Rowling dengan buku larisnya serial Harry Potter

Terakhir, ada nama yang sangat familier karena penulis ini termasuk kontemporer yakni J. K. Rowling. Buku serial Harry Potter laris bak kacang goreng di seluruh penjuru dunia. Film adaptasinya pun tak kalah laku di mata penonton sinema. Buku-buku fiksi bergenre fantasi gubahan Rowling bisa menembus angka penjualan 500 juta eksemplar.

Bagaimana, apakah Sobat Uculucu ada yang ingin meniru jejak penulis fiksi laris di atas?

Post a Comment

18 Comments

  1. Artikelnya belum tuntas ya om, saya cari selengkapnya koq gak nemu ya, hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, belum beres, Kang. Lah kirain enggak ada yang mampir buat baca hehe.

      Delete
  2. Replies
    1. Sudah saya lengkapi, selamat membaca! Yeay....

      Delete
  3. kalau aku lebih familier dengan danielle steel dan shidney sheldon :)

    enid blyton lebih ke koleksi pas masih anak anak dan umur remaja...banyak seri yang aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enid Blyton memang populer banget ya buat anak-anak, keren sampe sekarang pun masih eksis bukunya laris manis!

      Delete
  4. Saya belum pernah baca Harry Potter, tapi liat filmnya, kagum sih sama penulisnya, daya imajinasinya luar biasa. Bisa-bisanya dia memikirkan hal-hal yang fiktif seperti itu

    ReplyDelete
  5. Jujur untuk buku-buku fiksi saya belum pernah baca sama sekali, cuma tau aja beberapa judul yang disebutkan di atas karena masih belum ada ketertarikan hehe, tapi kayaknya next akan cobain baca buku fiksi salah satu dari yang disebutin di atas.

    ReplyDelete
  6. gak asing banget terdengar ditelinga sama penulis Agatha Christie dan Jk Rowling. karena pada jaman kuliah dulu juga sering banget terdengar dan ada juga di deretan buku di gramedia

    ReplyDelete
  7. Huhuhuu.. ini buku-buku terlaris ya?

    Dulu sempat sih suka Barbara Cartland - karena dibawa bertualang ke dunia jaman baheula yang romantis. lama lama bosan.

    kalo aku lebih ke Pearl S Buck dan Agatha Christie, kalo anak-anak sekarang Roald Dahl dan JK Rowling

    ReplyDelete
  8. Enid Blyton menemani masa kecil saya. Banyak bukunya yang saya baca. Kalau JK Rowling, saya suka banget dengan Harry Potter. Tetapi, bukunya yang lain belum bikin saya sesuka Harpot

    ReplyDelete
  9. kalau William Shakespeare aku taunya Romeo dan Juliet
    dan kalau J.K Rowling wes semua buku dan CD nya aku punya mas...

    ReplyDelete
  10. Agatha Christie jadi koleksi yang ku baca kalau mudik. Buku-buku cetakan lawas yang harganya masih belasan ribu banyak di rumah orang tua. Aku suka novel kriminal klasik seperti itu. Plot twist-nya selalu membuat tercengang!

    ReplyDelete
  11. Ah iya, mereka penulis-penulis keren semua. Saya juga suka karya-karya mereka dan nggak bosan untuk baca ulang entah berapa kali pun..

    ReplyDelete
  12. Walaupun bukan di jaman daku, terbitnya buku² karya Enid Blyton, tetapi berkat menjadi buku yang best seller, dicetak ulang sampai juga ke tangan daku buat dibaca meski harus melintasi generasi hehe.
    Inilah kerennya jadi penulis buku ya, karyanya terkenang sepanjang masa

    ReplyDelete
  13. Banyak karya fiksi yang sukses menggaet dan menyentuh. Jadinya oang ikut bersemangat, dalam menikmati dan menciptakan setiap kisah, konflik yang ada dalam tulisan menjadi semakin berpengaruh.

    ReplyDelete
  14. Kangen bangeeeet baca buku-buku Enid Blyton. Waktu kecil suka baca Lima Sekawan.. :D Sekarang terbit lagi dengan cover baru.. Agatha Christie juga pernah baca beberapa bukunya..

    ReplyDelete
  15. Blyton dan Rowling, dua penulis yang buku-bukunya selalu layak buat baca ulang. Gak sekali dua, bisa berkali-kali malah.
    Mudah-mudahan, entah kapan, saya pun juga bisa menjadi penulis dengan buku-buku yang pantas buat dibaca ulang pembaca yang menyukai tulisan saya.
    Aamiin ya Allah

    ReplyDelete